Pengaruh Makloon atau Toll Manufacturing terhadap perkembangan Industri Manufacturing



Perkembangan industri manufacturing di Indonesia dari tahun ke tahun semakin berkembang pesat, kemudian banyak alat-alat pendukung produksi yang semakin tahun mengalami pembaruan dari kegunaannya dan modern, dengan sejalannya kemajuan tersebut maka tidak menutup kemungkinan banyak diantara beberapa perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dikarenakan alat-alat produksi yang modern sehingga keterlibatan manusia didalam rangkaian proses produksi menjadi terbatas,

Dampak dari pemutusan hubungan kerja tersebut menimbulkan banyaknya pengangguran diberbagai daerah dan ditambah pula dengan jumlah angkatkan kerja baru yang tiap tahunnya semakin bertambah, hal tersebut tidak serta merta dapat diserap oleh jumlah industri yang ada, kemudian solusi yang dihadarikan oleh pemerintah adalah beberapa program-program pengembangan usaha menengah kecil yang diberikan modal usaha oleh beberapa instansi-instansi pemerintah dan bank-bank swasta yang ada.

Pengelolaan modal usaha yang telah diberikan untuk memulai usaha baru sering kali mendapatkan kendala untuk memulai karena alat dan sarana penunjang produksi yang minimal dan terbatas, salah satu solusi adalah dengan melakukan kerjasama dengan usaha yang sudah berjalan dalam hal alat dan sarananya. Bentuk kerjasama yang dapat dilakukan yaitu makloon atau Toll Manufacturing, Makloon atau TollManufacturing berasal dari bahasa Belanda yang artinya pengerjaan produk oleh pihak lain. Disebut juga dengan istilah CMT atau Cut Make Trim. Pada sistem jasa jahit makloon, material produksi bisa disediakan oleh pengguna jasa maupun oleh bagian produksi tergantung kesepakatan. Pengguna jasa makloon biasanya memberi brand atau merk sendiri untuk produk yang dikerjakan tersebut.

Dengan dimudahkannya hal-hal yang terkait kegiatan produksi dengan bentuk kerjasama makloon atau Toll Manufacturing, maka para pelaku usaha menengah kecil dapat mengoptimalkan fokus bisnisnya pada pemasaran produknya saja sehingga produk dapat mudah dikenal dipasaran.

Seiring berkembangnya pemahaman makloon atau Toll Manufacturing sampai dengan saat ini, banyak perusahaan-perusahaan besar yang membuka peluang kerjasama makloon atau Toll Manufacturing dengan pelaku usaha menengah kecil dan besar, salah satu perusahaan besar yang membuka peluang kerjasama makloon atau Toll Manufacturing adalah PT. Galenium Pharmasia Laboratories (www.galenium.com), PT. Galenium Pharmasia Laboratories adalah perusahaan Pharmasi & Kosmetik yang memproduksi brand produk sendiri seperti JF Sulfur, Caladine, Oilum, Laxadine dan masih banyak lagi tentunya dengan standar CPOB & CPKB, selain memproduksi produk-produk sendiri juga membuka peluang kerjasama makloon atau Toll Manufacturing dengan perusahaan lain.

Jika anda berminat bermitra dengan PT. Galenium Pharmasia Laboratories dalam hal Makloon atau Toll Manufacturing bisa mengunjungi website : www.galenium.com. 


Demikianlah informasi yang dapat disampaikan penulis, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer